Bawaslu Kabupaten Bangkalan Lantik 54 Panwascam untuk Pilkada 2024

    Bawaslu Kabupaten Bangkalan Lantik 54 Panwascam untuk Pilkada 2024
    Penandatanganan Berita Acara Pengambilan sumpah dan janji Panwascam

    BANGKALAN,   -   Dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 yang akan digelar pada bulan November mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, hari ini resmi melantik sebanyak 54 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di seluruh kabupaten. Pelantikan ini berlangsung di Gedung Serbaguna Rato Ebhu, Sabtu (25/05/2024) dengan suasana yang penuh khidmat dan semangat pengabdian.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan, Ahmad Mustain Shaleh, memimpin langsung prosesi pelantikan tersebut. Yang menarik dari acara pelantikan ini adalah penggunaan pakaian tradisional oleh para anggota Panwascam yang dilantik. Mereka mengenakan pakaian Pesa’an dan Marlena, yang merupakan pakaian khas masyarakat Madura. Hal ini memberikan nuansa budaya lokal yang kental dalam upacara resmi tersebut. Hilmi, salah satu anggota Panwascam dari Kecamatan Kamal, menyatakan bahwa pemakaian pakaian tradisional ini adalah bentuk penghormatan terhadap budaya Madura sekaligus menunjukkan identitas mereka sebagai pengawas pemilu dari daerah tersebut.

    “Memang semua Pengawas Panwascam di 18 Kecamatan, memang diminta, untuk memakai baju khas madura yaitu pesa’an. Yang mana ini memang menjadi suatu budaya pakaian yang khas dan menjadi ciri khas masyarakat Madura.” Tuturnya.

    Pelantikan yang dilaksanakan pada hari Sabtu ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan pejabat daerah. Kehadiran mereka menambah semarak dan kesakralan acara. Prosesi pelantikan berjalan lancar dan diakhiri dengan pengambilan sumpah dan janji oleh para anggota Panwascam yang baru dilantik dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan.

    Para Panwascam yang dilantik hari ini akan mulai bertugas selama sembilan bulan ke depan, terhitung sejak hari pelantikan hingga dua bulan setelah hari pemungutan suara. Mereka akan menjalankan tugas pengawasan di masing-masing kecamatan untuk memastikan tidak ada pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada. Jika terjadi gugatan atau sengketa pemilu, masa tugas mereka bisa diperpanjang hingga masalah tersebut terselesaikan.

    Dalam wawancara dengan media, Ahmad Mustain Shaleh menyampaikan, “Hari ini kita melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah 54 Panwascam se Kabupaten Bangkalan untuk Pilkada ya, pemilihan Bupati, wakil Bupati Bangkalan dan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur.” Tuturnya.

    Dengan pelantikan ini, Bawaslu Kabupaten Bangkalan berharap dapat menciptakan Pilkada yang bersih dan demokratis. Panwascam diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sehingga dapat mengantisipasi setiap pelanggaran yang terjadi selama proses pemilihan.

    bangkalan bawaslu panwascam
    AHSAN

    AHSAN

    Artikel Sebelumnya

    SISWA LULUSAN SMAN 3 SERAHKAN SERAGAM LAYAK...

    Artikel Berikutnya

    Sebanyak 79 Kepala Sekolah di Kabupaten...

    Komentar

    Berita terkait